South Park: Stick of Truth

By |


Kurang lebih 13 hari yang lalu aku memainkan game yang satu ini. Well, yeah South Park: Stick of Truth. Tidak pernah terpikirkan olehku bahwa aku akan memainkan game ini karena saking tidak tahu mau main game apaan. Pada akhirnya karena penasaran---terutama karena rating-nya yang tinggi di beragam situs, aku memilih untuk mencobanya. Dan voila, game ini membuatku ketagihan.

South Park: Stick of Truth ini adalah salah satu game RPG yang diadaptasi dari TV show dengan judul serupa: South Park. Ketika kita memainkan game ini kita dapat merasakan feel yang serupa ketika kita menonton acara seriesnya. Well, South Park sendiri acara TV yang ditujukan untuk DEWASA karena berhubungan dengan isi acara yang notabene satir abis, banyak kata-kata, adegan yang tidak pantas dan humor yang vulgar. Jadi buat yang gampang tersinggung acara seperti ini lebih baik dihindari daripada kebawa emosi.  

Sebelum memulai permainan kita akan dihadapkan pada Create Your Own Character. Setelah itu ketika kita masuk dalam permainan, kita bisa memilih class yang kita inginkan, ada 4 class dalam game ini. Diantaranya itu adalah Fighter, Mage, Thief dan Jew. Tiap class memiliki kelemahan dan keunggulan masing-masing. Ketika pertama kali main game ini aku memilih Mage


Game ini turn-based dan akan dijelaskan apa fungsi icon-icon yang terpampang pada layar dan bagaimana cara bertahan atau menyerang. Tapi menurutku bagi penggemar RPG terutama JRPG tidak akan menemukan kesulitan disini. 

Musuh yang kita lawan tidak muncul secara random, musuh akan nampak jelas di layar dan siapa yang akan menyerang duluan tergantung dari kita. Kurang lebih sama ketika kita bertemu dengan Shadow di game Persona 3/4.  


Hal yang menarik dari abilities yang ada di game ini dari animasi-nya menggunakan sesuatu yang real. Contohnya seperti Dragon's Breath milik mage yang menggunakan petasan demikian halnya juga dengan ability lainnya. Sukses atau tidaknya ability yang kita pakai tergantung dari instruksi tombol yang digunakan ketika memakai ability tersebut. Contohnya Dragon's Breath yang mengharuskan kita mengklik tombol kiri berulang kali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tiap ability memiliki instruksi yang berbeda jadi terkadang ada ability tertentu yang butuh waktu untuk menguasai timing-nya.  


Oh, ya upgrade untuk ability akan terbuka seiring dengan level kita dan kita bebas memakai poin upgrade untuk ability yang kita inginkan. Dan poin untuk upgrade ini terbatas karena level dalam game ini juga terbatas. Jadi, pilihlah sesuai dengan keinginan dengan kebutuhan. 


Selain itu ada Perks, poin Perks bisa diperoleh dari teman yang kita kumpulkan. Ketika sampai jumlah teman tertentu kita bisa memakai poin tersebut untuk membeli Perk yang kita inginkan untuk mempermudah jalannya battle


Dalam battle kita hanya terbatas pada 2 orang saja. Masing-masing party member akan terbuka sesuai jalan cerita dan mempunyai keunikan masing-masing. Seperti Butters sebagai Paladin punya Healing Touch yang bisa digunakan untuk memulihkan HP. Princess Kenny dengan Charm-nya yang menurunkan status lawan. 

Summon bisa digunakan dalam game ini tapi tidak bisa digunakan ketika melawan Boss Battle. Ada 4 macam Summon disini dan baru akan terbuka setelah menyelesaikan misi tertentu. Sangat berguna kalau seandainya kita malas battle, sayangnya penggunaannya terbatas satu hari sekali. 


Untuk fitur yang ada pada equipment cukup menarik, karena ada lumayan banyak variasi dan efek yang diberikan. Jadi tidak hanya sekedar kostum belaka dan dalam equipment senjata maupun armor beberapa diantaranya terdapat slot kosong yang kita bisa modifikasi menggunakan strap untuk memberikan efek yang kita inginkan. 

Ketika awal bermain game ini, aku memilih bermain sebagai Mage dan aku menghabiskan waktu kurang lebih 15 jam. Jujur, ketika bermain aku banyak menemukan momen-momen yang membuat mulut menganga dan juga hal tidak terduga yang membuat tertawa terbahak-bahak, Terutama ketika melihat ending-nya yang tidak disangka-sangka. 

Setelah bermain Stick of Truth yang pertama kali, jujur malah jadi kepengen nonton filmnya dan setelah gamenya tamat itu pun berhasil dilakukan. South Park sendiri TV Seriesnya sudah berjalan sampai 17 Season dan aku baru catch up sampai 6 Season, itu juga termasuk movie dan 3 episode unair pilots-nya. Perjalanan yang cukup panjang dari TV series yang cikal bakalnya dimulai dari tahun 1992. 


Kembali ke topik, pada first playthrough ada beberapa hal yang missing seperti Chef P.O. Box Key dan 1 Chinpokomon. Nah, untuk second playthrough aku memilih Jew sebagai class tokoh utamaku. Dan dalam waktu kurang dari 13 jam, akhirnya aku bisa melengkapi semuanya. Dari total friendlist (120), Chinpokomon (30) dan juga Equipment (103) dan menyelesaikan semua sidequests.  

Secara overall, game ini memang menarik. Terutama untuk fans-nya South Park, game ini tidak boleh dilewatkan. Hal yang aku suka adalah pembawaan game dengan format seperti menonton TV series-nya dan game yang membuat pemain serasa dilibatkan. 

Yang aku kurang suka paling di bagian ceritanya yang relatif singkat. Tapi kalau dibandingkan dengan TV seriesnya mungkin panjangnya kurang lebih sama seperti 2 season ya. Ada glitch di game yang tidak menunjukkan treasure secara akurat. 
Newer Post Older Post Home